C-130J-30 TNI AU akan tiba hari Senin, serah terima hari Rabu

Penerbang C-130J-30 Super Hercules Skadron Udara 31 dan penerbang dari Lockheed MartinLockheed Martin/TNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat C-130J-30 Super Hercules pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Udara akan tiba pada hari Senin, 6 Maret 2023.

Selanjutnya, pesawat dengan nomor registrasi A-1339 tersebut akan diserahkan secara resmi dari pemerintah RI kepada TNI Angkatan Udara pada hari Rabu, 8 Maret 2023.

“Ya, pesawat C-130J-30 Super Hercules akan tiba pada hari Senin, sekitar sore hari, dan akan diserahkan secara resmi dari pemerintah kepada TNI Angkatan Udara pada hari Rabu, tanggal 8 Maret 2023,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam perbincangan dengan Airspace Review di Mabes TNI AU Cilangkap, Jumat.

Pesawat tersebut, lanjut Kadispenau, akan berangkat pada Senin pagi dari Guam menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pesawat akan diterbangkan oleh pilot dari Lockheed Martin karena masih dalam masa garansi dari pihak pabrikan.

Di dalam penerbangan tersebut, sebanyak tiga awak pesawat Super Hercules dari Skadron Udara 31 akan ikut serta dalam penerbangan tersebut, termasuk Komandan Skadron Udara 31.

Kementerian Pertgahanan RI membeli lima unit C-130J-30 Super Hercules dari Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Setelah unit pertama tiba, akan disusul dengan pengiriman keempat pesawat lainnya, masing-masing pada bulan Juni 2023, Juli 2023, Oktober 2023, serta Januari 2024.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *