AS akan kirim jembatan taktis M60 AVLB ke Ukraina

M60 AVLBUS DoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina, termasuk untuk pertama kalinya pengiriman M60 AVLB (Armored Vehicle Launched Bridges).

Pada paket bantuan baru ini, selain M60 AVLB, AS memberikan tambahan drone intai, senjata lawan drone, peralatan deteksi perang elektronik, serta amunisi presisi untuk M142 HIMARS.

Saluran berita TV Amerika Serikat, WAGM-TV, memberitakan pada 3 Maret 2023, paket bantuan militer tersebut bernilai 400 juta dolar AS.

Delapan M60 AVLB yang akan dikirimkan ke Ukraina merupakan milik Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army). Sistem ini mulai digunakan pertama kali oleh sejak tahun 1963.

Jembatan taktis ini dibangun menggunakan sasis tank tempur utama (MBT) M60 atau M60A1. Turret-nya dilepas dan diganti sistem jembatan model lipat.

M60 AVLB dilengkapi dengan mekanisme peluncuran hidrolik dan jembatan aluminium dengan berat 14,47 ton.

Jembatan dibentangkan di bagian depan kendaraan, membutuhkan waktu 2 menit untuk diletakkan dan ketika terbuka membentang hingga 18,28 m.

Jembatan dirancang untuk dapat dilewati oleh tank dan kendaraan tempur beroda lainnya, melintasi parit atau jurang dalam kondisi pertempuran.

M60 AVLB diawaki dua orang yakni pengemudi dan komandan. Pengemudi memiliki kontrol untuk meluncurkan dan melipat kembali jembatan.

Untuk spesifikasinya, M60 AVLB memiliki bobot 53,3 ton dengan panjang keseluruhan 9,4 m, lebar 3,6 m, dan tinggi 3,3 m.

Sebagai penggeraknya berupa mesin diesel twin turbo AVDS-1790-2DR V12 berdaya 750 hp. Kecepatan maksimumnya 48 km/jam dengan jarak jelajah hingga 470 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *