Prajurit Ukraina berlatih menggunakan Challenger 2 DTT

tank Challenger 2 DTTBritish Army

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pelatihan prajurit Ukraina untuk mengoperasikan tank tempur utama (MBT) Challenger 2 masih berlanjut di sebuah tempat di Barat Daya Inggris

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Inggris untuk menyediakan 14 tank Challenger 2 untuk mendukung militer Ukraina melawan Rusia.

Berlangsung selama beberapa minggu, program ini secera efektif melatih prajurit Ukraina bagaimana mengoperasikan tank Challenger 2 dalam kondisi pertempuran.

Pelatihan menggunakan tank Challenger 2 varian khusus dikenal sebagai DTT (Driver Training Tank), dengan turret-nya tanpa senjata. Tank dapat menampung empat orang termasuk instruktur.

Diketahui Angkatan Darat Inggris mengoperasikan 22 unit Challenger 2 DTT. Selain itu dua unit lainnya dimiliki oleh Angkatan Darat Oman.

Mengutip Army Recognition (1/3), Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace telah mengunjungi lokasi pelatihan pada 23 Februari 2023 untuk bertemu dengan para pelatih Inggris dan prajurit Ukraina untuk memberikan support.

Ia mengaku sangat terinspirasi untuk datang dan menyaksikan langsung prajurit Ukraina dilatih dengan tank Challenger 2. Ketangguhan dan tekad mereka untuk berhasil dalam pembebasan negara mereka mengirimkan pesan yang kuat ke Rusia, ujarnya.

Ditambahkan, Ukraina akan terus berjuang dan Inggris bersama Sekutu lainnya tidak akan goyah. Sekutu akan terus memberikan kemampuan yang diperlukan untuk mendukung Ukraina selama diperlukan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *