Leonardo tawarkan jet M-346FA di IDEX 2023, canggih tapi berbiaya murah

Leonardo M-346FALeonardo
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu tawaran andalan ditampilkan oleh Leonardo dalam pameran pertahanan internasional IDEX 2023 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yang dibuka pada hari Senin (20/2).

Tawaran tersebut adalah jet tempur serang M-346FA (Fighter Attack).

Pesawat ini merupakan pengembangan dari jet latih jenis LIFT (Lead-In Fighter Trainer) M-346 Master yang telah menembus pasar dunia.

Perusahaan mengatakan, M-346FA adalah solusi yang tepat untuk melengkapi aset yang lebih mahal. Pesawat ini mampu melaksanakan sebagian besar misi yang dilakukan para penempur garis depan dengan biaya yang lebih murah per jam penerbangannya.

M-346FA, yang sudah beroperasi dengan pelanggan ekspor internasional pertama, menarik minat yang semakin besar di semua pasar geografis di mana banyak Angkatan Udara, lanjut Leonardo.

Sejumlah negara telah menyatakan minat yang kuat untuk kemampuan operasional serta efektivitas pelatihan lanjutan yang disediakan oleh platform multiperan M-346FA.

Dari sisi teknis, M-346FA menawarkan radar pemindaian mekanis multimode Grifo-M-346 yang dikembangkan oleh Leonardo.

M-346FA juga dilindungi oleh sistem pertahanan pasif lengkap (Defensive Aids Sub-System/DASS), serta sistem komunikasi terintegrasi dan tautan data taktis (TDL) sesuai persyaratan NATO untuk menjamin interoperabilitasnya.

Pesawat ini dapat mengintegrasikan berbagai jenis persenjataan dan muatan eksternal, termasuk amunisi udara ke udara dan udara ke permukaan (seperti IR, radar dan/atau amunisi yang dipandu laser/GPS), pod senjata, pengintaian target, pod penunjukan di mana semua terintegrasi dengan Helmet Mounted Displays (HMD) yang digunakan pilot.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *