Tardid Technologies kembangkan USV Brainbox SSO untuk Angkatan Laut India

Tardid USVTardid Technologies
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tardid Technologies, sebuah perusahaan yang berbasis di Bangalore, India memperkenalkan produk rancangannya berupa kapal permukaan tak berawak (USV) di Aero India 2023.

USV bernama Brainbox SSO (Smart Ship Operations) ini dikembangkan dalam kemitraan dengan Accurate Industrial Controls (AIC) yang berbasis di Pune, India.

Melansir Janes (15/2), tiga unit USV sedang diproduksi. Perusahaan berharap untuk mengirimkan unit pertama USV ke Angkatan Laut India pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Untuk spesifikasinya, Brainbox SSO memiliki panjang sekitar 8 m, daya tahan lebih dari 12 jam, dan dapat melaju dengan kecepatan 12 Nm/jam.

Brainbox SSO memiliki kapasitas muatan 200 kg, dan dapat beroperasi dalam kondisi cuaca yang relatif buruk.

Meskipun Brainbox SSO dapat dilengkapi dengan senjata, unit yang akan diberikan kepada Angkatan Laut India hanya untuk pengawasan, tanpa persenjataan.

Dengan visibilitas 360 derajat, Brainbox SSO tidak hanya dapat digunakan di laut lepas tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pengawasan pantai.

Brainbox SSO juga dapat berlabuh sendiri dengan mengukur kedalaman laut secara mandiri dan mengurangi kecepatan saat mendekati dermaga.

Tardid Technologies bermaksud mengembangkan kemampuan lebih lanjut USV rancangannya, untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola perilaku kapal musuh yang terdeteksi di perairan teritorial.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *