Dua FSV Centauro ll 8X8 pesanan Brasil dari Italia telah selesai diproduksi

FSV Centauro 8X8Master CAIAFA
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua kendaraan lapis baja pendukung tembakan (FSV) Centauro II 8X8 pertama yang diproduksi oleh perusahaan Italia OTO Melara dipresentasikan kepada Jenderal AD Brasil ValĂ©rio Stumpf Trindade selama kunjungan ke fasilitas OTO-Melara di La Spezia, Italia pada 8 Februari 2023.

Seperti diketahui, pada 25 November 2022, konsorsium Italia perusahaan Iveco Defense Vehicles dan Leonardo memenangkan tender pengadaan FSV untuk AD Brasil, yang akan memasok 96 kendaraan pada batch pertama senilai 900 juta euro.

Boeing_contoh2

Selanjutnya pada batch kedua, Brasil akan melakukan pemesanan tambahan sebanyak 120 kendaraan dengan nilai mencapai 2 miliar Euro.

Centauro ll yang akan digunakan oleh AD Brasil ini, serupa dengan versi AD Italia. Kendaraan mengusung turret Leonardo Hitfact MkII, yang dipersenjatai dengan senjata utama berupa kanon 120 mm/L45.

Sistem senjata ini menyediakan daya tembak yang setara dengan tank tempur utama (MBT) modern dan mampu menembakkan amunisi 120 mm NATO generasi terbaru termasuk APFSDS (Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot) dan amunisi Multi-Purpose (MP).

Selain sebagai pemberi dukungan tembakan buat pasukan kawan, Centauro ll dapat melawan langsung melawan tank lawan baik itu dari jenis MBT, Medium Tank (MT) juga Light Tank (LT).

Centauro ll mengadopsi sistem pemuatan munisi semi otomatis dengan 12 amunisi siap tembak dan 19 munisi lainnya disimpan di lambung pada kompartemen terpisah dari awak.

Untuk persenjataan sekundernya, mencakup satu senapan mesin koaksial 7,62 mm dan stasiun senjata jarak jauh (RCWS) Hitrole L yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm atau peluncur granat otomatis 40 mm.

Panser kanon ini dilengkapi sistem kontrol tembakan digital, komunikasi terintegrasi untuk pertempuran C2, pertahanan pasif/aktif, serta mendapatkan sistem manajemen medan perang yang modern dan fungsional.

Untuk mengoperasikannya, Centauro II menampung empat orang awak termasuk pengemudi, komandan, penembak, dan pemuat munisi kanon.

Centauro ll digerakkan oleh mesin diesel IVECO Vector 8V Euro III bertenaga 720 hp, dapat berlari dengan kecepatan maksimum 105 km/jam dan jarak operasional hingga 800 km.

-RBS-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *