HAL dan Safran jalin kemitraan dalam proyek IMRH

Helikopter Multiperan IndiaBharatraksak
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik mesin pesawat Safran Prancis dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk pengembangan bersama mesin yang akan digunakan pada Helikopter Multiperan India (IMRH) di gelaran Aero India 2023.

Perjanjian ini menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada 8 Juli 2022 dan menetapkan pembagian kegiatan dalam usaha patungan tersebut.

Boeing_contoh2

Diberitakan oleh Safran, secara khusus HAL akan mengambil bagian dalam desain, pengembangan, dan produksi beberapa komponen mesin inti.

Dalam pameran Aero India 2023, HAL menampilkan model skala (1:3) helikopter serbaguna IMRH versi bersenjata (heli serbu).

Proyek IMRH akan menjadi helikopter serbaguna untuk trimatra militer India: Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut.

Khusus untuk varian Naval dari IMRH mendapatkan julukan DBMRH (Deck Based Multi Role Helicopter).

Heli akan digunakan untuk beragam misi, mulai dari transportasi pasukan dan kargo, pencarian dan penyelamatan tempur (CSAR), transportasi VVIP, serta ambulans udara.

IMRH berdimensi panjang 25,16 m, tinggi 6,22 m, dan memiliki rotor dengan diameter 21,2 meter. Memiliki berat lepas landas maksimum (MTOW) 13 ton.

Boeing

Penerbangan pertama IMRH ditargetkan terlaksana sekitar tahun 2025-2026 dan mulai berdinas resmi pertama pada tahun 2028.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *