Basarnas akan kirim 47 personel SAR gabungan ke Turkiye menggunakan pesawat TNI AU

BasarnasIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) akan mengirimkan 47 personel SAR gabungan ke Turkiye untuk membantu pencarian korban gempa dahsyat di negara itu.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono mengatakan, tim SAR gabungan yang akan dikirim ke Turkiye terdiri dari personel Basarnas, TNI-polri, dan Kementerian Kesehatan.

“Kita akan kirimkan satu tim SAR gabungan 47 orang terdiri dari tim Basarnas, TNI-Polri, Kementerian Kesehatan. Kita akan memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan korban yang diperkirakan masih tertimpa bangunan atau gedung runtuh,” ujar Agus, Rabu (8/2/2023), dikutip Republika.

Seluruh personel tersebut, kata Agus, akan diberangkatkan sore hari ini dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menggunakan pesawat TNI AU.

Ditambahkan, mereka yang diberangkatkan telah memenuhi kualifikasi medium class dari INSARAG (International SAR Advisory Group), badan di bawah PBB yang menangani masalah gempa.

“Kita sudah di ases sama tim INSARAG, kemampuan kita baik dari sisi manajemen, search and rescue, sarana dan prasarana, peralatannya medisnya dan sebagainya. Semuanya sudah dinilai oleh mereka dan sudah dinyatakan memenuhi persyaratan, sehingga kita sudah bisa diperbantukan untuk membantu saudara kita,” kata Agus.

Dalam pemberangkatan ini, Tim SAR gabungan juga akan membawa berbagai alat pertolongan seperti life detector untuk mendeteksi panas tubuh, peralatan bridging dan cutting guna memotong beton, dan anjing pelacak dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri.

Tim juga akan membawa alat pendeteksi getaran untuk memantau gempa susulan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *