Konsep jet tempur generasi ke-6 China muncul di tayangan simulator

Konsep jet tempur generasi ke-6 ChinaWeibo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini beredar foto di media sosial China Weibo yang menunjukkan desain jet tempur generasi ke-6 China.

Gambar itu terlihat muncul dalam simulator sebuah pesawat di fasilitas industri kedirgantaraan China, AVIC (Aviation Industry Corporation of China).

Desainnya memperlihatkan konfigurasi sayap dan badan pesawat berbentuk berlian.

Media lokal kemudian menyebutnya sebagai “The silent goat”. Sumber gambar ini didapat dari Institut Penelitian dan Desain Pesawat Chengdu.

Ini adalah lembaga yang dikelola oleh grup kedirgantaraan AVIC, konsorsium industri dirgantara Negeri Tirai Bambu yang menaungi perusahaan-perusahaan besar COMAC (Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd.) dan Chengdu Aircraft.

Di latar belakang foto tersebut tampak struktur simulator penerbangan dan logo AVIC.

Konsep dari proyek pesawat tempur generasi ke-6 China sebenarnya bukan kali ini muncul. Sebelumnya topik ini telah diketahui pada Oktober 2021.

Saat itu citra sebuah model pesawat baru tertangkap oleh satelit Amerika Serikat di markas Chengdu Aircraft.

Kemudian pada saat Airshow China, November tahun lalu, pabrikan China juga memamerkan model transparan dari pesawat konseptual generasi ke-6.

Hanya saja, hingga saat ini pemerintah China tak pernah memberikan konfirmasi terkait hal itu.

China kerap memunculkan pesawat baru secara tiba-tiba.

Meskipun, pengembangannya tentu saja memakan waktu dan hal itu ditutupi secara rapat oleh China sampai waktu yang tepat beredar ke publik.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *