Tim pemburu tank Ukraina gunakan Humvee dilengkapi rudal TOW

Humvee Ukraina dilengkapi TOWIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam pertempuran sengit yang tengah berlangsung di Bakhmut, pasukan Ukraina menurunkan tim pemburu tank dengan menggunakan Humvee buatan AM General, AS.

Sebagai pemburu tank, kendaraan taktis berpenggerak 4X4 ini dilengkapi dengan rudal antitank (ATGM) BGM-71 TOW yang juga buatan AS.

TOW (Tube-launched, Optically-tracked, Wire-guided) ini merupakan sistem senjata antilapis baja kelas berat yang dirancang tahun 1960-an oleh Hughes Aircraft (kini diproduksi oleh Raytheon).

TOW terdiri dari peluncur dan rudal yang dapat digunakan secara efektif di segala kondisi cuaca untuk menyerang tank, kendaraan lapis baja lainnya, dan berbagai target titik seperti bunker.

Memiliki spesifikasi panjang 1,1 m dengan probe dilipat dan 1,5 m dengan probe diperpanjang. Diameter rudal 15,2 cm dengan berat hulu ledak 4-6 kg.

Jangkauan operasional versi standar sejauh 3 km dan varian terbaru hingga 3,75 km dengan kecepatan meluncur maksimum 278–320 m/detik.

Selain dapat dibawa oleh prajurit, TOW biasanya juga ditempatkan pada kendaraan taktis atau kendaraan tempur, serta tersedia versi untuk dibawa helikopter.

TOW sudah banyak terlibat dalam perang, mulai dari Perang Vietnam, Perang Soviet–Afghanistan, Perang Iran–Irak, Perang Teluk, hingga Perang Rusia-Ukraina saat ini.

-RBS-

One Reply to “Tim pemburu tank Ukraina gunakan Humvee dilengkapi rudal TOW”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *