Boeing pimpin pengembangan pesawat super irit bahan bakar

Boeing TTBWBoeing
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing telah mendapatkan kontrak dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk memimpin pengembangan dan uji terbang pesawat demonstran Transonic Truss-Braced Wing (TTBW).

Ini adalah teknologi yang akan diuji sebagai bagian dari program Sustainable Flight Demonstran (SFD) untuk memberikan gambaran mengenai rancangan pesawat di masa mendatang.

Boeing_contoh2

Tujuannya adalah untuk menghasilkan perubahan yang menguntungkan dalam aerodinamika dan efisiensi bahan bakar.

Teknologi ini jika dikombinasikan dengan kemajuan sistem propulsi, material, dan arsitektur sistem, akan menghasilkan sebuah pesawat berlorong tunggal dengan konfigurasi TTBW yang irit bahan bakar dan pengurangan emisi hingga 30% dibandingkan pesawat berlorong tunggal paling efisien yang ada saat ini, kata Boeing.

Sayap ultratipis yang diperkuat dengan penyangga, dengan bentang sayap yang lebih lebar dan aspek rasio yang lebih tinggi, kata Boeing, akan mengakomodasi sistem propulsi canggih yang masih terbatas akibat kekurangan ruang bawah sayap dalam konfigurasi pesawat merasa rendah yang ada saat ini.

Disebutkan, kontrak yang diberikan NASA untuk pembiayaan SFD bernilai total 425 juta USD.

Program SFD ini juga didanai hingga 725 juta USD oleh Boeing dan mitra-mitranya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *