Belarus terima enam sistem rudal pertahanan udara TOR-M2K dari Rusia

TOR-M2KBelarus MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak enam sistem rudal pertahanan udara Tor-M2K yang dikirim oleh Rusia telah memasuki layanan brigade rudal pertahanan udara Angkatan Bersenjata Belarus.

“Hari ini (16 Januari), brigade rudal pertahanan udara ke-15 dari AU dan Pertahanan Udara Belarus telah menerima satu skuadron sistem rudal pertahanan udara Tor-M2K dengan enam kendaraan tempur baru,” ungkap Kementerian Pertahanan Belarus.

Kehadiran TOR-M2K ini untuk menggantikan sistem rudal pertahanan udara S-300 buatan era Uni Soviet yang digunakan oleh Brigade Rudal Anti-Pesawat ke-15.

Sistem pertahanan udara Tor-M2K adalah versi ekspor dari Tor M2. Menggunakan platform truk MZKT-6922 dalam konfigurasi 6X6 buatan Belarus.

Kendaraan beroda ban ini menggantikan model kendaraan beroda rantai (tracked) GM-5955 dari model standar Tor M2.

Tor-M2K dilengkapi dengan stasiun peluncur rudal yang sama seperti TOR-M2 standar, dengan dua modul peluncur rudal 9M334, masing-masing membawa empat rudal 9M9331 yang siap ditembakkan.

Tor-M2K mampu melibatkan banyak target secara bersamaan. Rudalnya memiliki jangkauan hingga 12 km dan ketinggian hingga 10 km.

Sistem TOR-M2K dirancang untuk menyasar berbagai target udara termasuk pesawat terbang, helikopter, drone, dan rudal jelajah.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *