Havelsan Turkiye lakukan uji tembak rudal mini METE dari Barkan UGV

Havelsan Barkan UGV tembakkan rudal mini METE buatan RoketsanHavelsan
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Turkiye, Havelsan, sukses melakukan uji tembak langsung rudal mini METE dari Barkan UGV (Unmanned Ground Vehicle) buatannya pada 8 Januari 2023.

Barkan UGV adalah robot berukuran sedang yang dapat dikonfigurasi untuk melakukan berbagai misi seperti intai dan bertempur.

Sebagai robot tempur, Barkan UGV dapat dipersenjatai dengan stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh (RCWS) dan dipersenjatai dengan satu senapan mesin kaliber 7.62 mm.

Sebagai penggeraknya, Barkan UGV bermotor listrik dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 25 km/jam dengan daya tahan hingga 6 jam.

Untuk spesifikasinya, memiliki panjang 3,2 m, lebar 1,75 m, dan berat 1.400 kg dengan muatan maksimum 600 kg.

Barkan UGV dapat dikendalikan secara manual atau dalam mode otonom menggunakan sistem komunikasi GPS onboard pada jarak maksimum 5 km.

Kendaraan juga dilengkapi dengan penglihatan siang/malam, sistem komunikasi GSM dan satelit, serta sistem pengawasan perimeter yang dapat ditingkatkan dengan jarak pandang 5 km.

Untuk rudal mini berpemandu laser METE 40 mm yang diuji tembaknya, adalah hasil pengembangan perusahaan Roketsan Turkiye, mulai diluncurkan pada November 2021.

METE dapat diandalkan untuk menyerang target statis dengan struktur ringan, kendaraan darat tanpa lapis baja, atau persembunyian sniper lawan.

Rudal METE memiliki jangkauan efektif sekitar 1 km dan probabilitas kesalahan melingkar (CEP) hanya atau kurang dari 1 m.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *