USAF masih akan terbangkan F-117 untuk 10 tahun ke depan

Twi F-117 at Fresno Airport@NorcalAirOps

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Meski secara resmi telah dinyatakan pensiun pada tahun 2008, Angkatan Udara AS (USAF) nyatanya masih akan menggunakan jet siluman F-117 Nighthawk hingga 10 tahun ke depan.

Hal ini terungkap dari permintaan informasi (RFI) yang dikeluarkan oleh USAF terhadap kontraktor potensial untuk mempertahankan sejumlah jet siluman F-117 hingga tahun 2034.

Pesawat akan digunakan untuk membantu melatih generasi pilot pesawat tempur saat ini dalam taktik melawan jet musuh siluman secara diam-diam, tulis MSN.

Menurut permintaan baru itu, F-117 harus dikembalikan dalam kondisi penerbangan yang unggul di mana defleksi serta struktur penyerapan radarnya harus dipertahankan.

Belum ada tanggapan dari kontraktor mengenai hal ini. Namun bisa jadi informasinya tidak terlalu dibuka ke publik.

Meski demikian, media mencatat USAF saat ini lebih terbuka mengenai pengembangan proyek-proyek rahasianya. Tidak seperti dulu di masa Perang Dingin.

F-117 beroperasi di Test Range Tonopah, sebuah fasilitas rahasia sekitar 150 mil sebelah utara Las Vegas. Pangkalan ini menjadi rumah bagi F-117 saat masih digunakan secara masif dulu.

USAF sedikitnya masih memiliki 45 jet F-117 dari total 59 unit yang diproduksi oleh Lockheed.

Sepuluh di antaranya telah dibuat menjadi monument maupun disimpan di museum.

Jet siluman yang disimpan di museum maupun dijadikan monument di halaman terbuka, telah dilucuti lapisan silumannya terlebih dahulu.

Hal itu menjadi bagian penting dari kontrak yang dilakukan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *