Perancis pasok 20 unit Bastion APC ke militer Ukraina

Bastion APCIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selain akan memasok Militer Ukraina dengan panser kanon AMX-10RC, Perancis juga akan mengirimkan kendaraan lapis baja pengangkut personel lapis baja (APC) Arquus Bastion 4X4.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melalui akun Twitternya pada 4 Januari 2023.

Airbus_contoh2

Sebelumnya, pada 3 Oktober 2022, surat kabar Perancis La Tribune memberitakan bahwa pabrikan Perancis Arquus akan mengirimkan 20 unit Bastion APC ke Ukraina.

Mengenai Bastion, merupakan kendaraan pengangkut personel yang dikembangkan berdasarkan Acmat APC yang kini perusahaan pembuat kendaraan militer ini telah diakuisisi oleh Arquus.

Kendaraan ini memiliki dua awak dan dapat menampung hingga 8 prajurit infanteri yang terlindung aman dari gempuran amunisi senapan serbu dan sanggup bertahan dari ranjau darat.

Atap Bastion APC dapat dilengkapi dengan menara terbuka satu orang atau stasiun senjata kendali dari jarak jauh (RCWS) yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm.

Bastion APC ditenagai oleh mesin diesel yang menghasilkan tenaga 215 hp, dapat berlari pada kecepatan maksimum 110 km/jam dengan jarak jelajah hingga 1.000 km.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada Juni 2010 selama pameran pertahanan Eurosatory di Perancis, Bastion APC langsung sukses di pasaran.

Bastion APC sudah melayani militer di banyak negara dunia termasuk diantaranya Burkina Faso, Kamerun, Kongo, Chad, Ethiopia, Gabon, Pantai Gading, Kenya, Mali, Senegal, Uganda, Somalia, Tunisia, Tanzania, Togo, dan Arab Saudi.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *