Sabar menanti C-130J, warganet tidak mau cat loreng

C-130J-30 TNI AUJet Photos

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara segera menerima kiriman pesawat terbaru C-130J-30 Super Hercules pertama registrasi A-1339.

Lockheed Martin selaku pembuat pesawat ini menyatakan, pesawat C-130J-30 pertama pesanan Indonesia akan dikirimkan pada bulan Februari atau Maret tahun 2023 ini.

Beberapa foto pesawat ini di pabrikan Lockheed Martin di Marietta, Georgia telah beredar di media sosial sejak tahun lalu.

Foto-foto yang beredar mendapat pujian dari warganet, utamanya menyoroti warna kamuflase abu-abu yang digunakan pesawat ini.

Warganet menyebut, warna tersebut sangat cocok digunakan oleh pesawat Hercules TNI Angkatan Udara karena mengesankan pesawat yang modern seperti pesawat milik Angkatan Udara AS (USAF) pada umumnya.

Sementara di dalam negeri, pesawat C-130 Hercules lebih banyak menggunakan warna loreng hijau campuran dengan warna coklat.

Ada juga Hercules yang menggunakan warna putih dan abu-abu seperti pesawat dengan registgrasi A-1341 dan A-1314.

Soal warna pesawat, ada juga warganet yang menyatakan bahwa warna loreng pada C-130 Hercules TNI AU itu warna ciri khas Indonesia yang tidak perlu disama-samakan dengan pesawat milik AS.

Terkait warna pesawat, TNI AU telah mengganti warna kamuflase hijau toska pada pesawat F-16AM/BM milik Skadron Udara 3, menjadi warna abu-abu seperti F-16 milik USAF dan beberapa negara sekutu lainnya.

Untuk diketahui, pihak pabrikan pesawat akan mengecat pesawat pesanan suatu negara sesuai dengan permintaan dari negara besangkutan.

Jadi, bila C-130J-30 Super Hercules pesanan Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Udara berwarna abu-abu, itu memang sesuai pesanan dari pihak pembeli.

Tidak mungkin pabrik pesawat mengecat pesawat pesanan negara lain semaunya sendiri di luar kehendak negara pembeli.

Namun bisa juga warna abu-abu ini merupakan warna standar pabrik Lockheed Martin untuk C-130.

Sehingga, bila tidak ada pesanan kamuflase khusus dari pihak pembeli, pesawat akan dikirimkan dengan warna standar pabrik.

Mari kita sambut pesawat C-130J-30 Super Hercules yang akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma tersebut.

-RNS-

3 Replies to “Sabar menanti C-130J, warganet tidak mau cat loreng”

  1. Sebagai bangsa yg berdaulat Kita punya otoritas untuk segala hal.
    Nggak usah niru cat pesawat, plat nomor.
    Nanti cat rumah niru niru

  2. Tidak selayaknya pesawat udara di cat kamuflase loreng hijau karena sejatinya pesawat udara itu terbang di udara bukan dihutan belantara.

    1. Abu-abu muda atau gelap / biru atau biru muda / loreng abu-abu dan biru untuk pesawat tempur dengan prioritas fungsi pencegatan atau supremasi udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *