Mengenal sosok Krab 155 SPH yang dijual Polandia ke Ukriana

Krab 155 SPHIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Polandia mengumumkan kesepakatan untuk menjual self-propelled howitzer (SPH) Krab 155 ke Ukriana pada Selasa (7/6).

Dilaporkan, ini adalah ekspor terbesar dari pabrikan Huta Stalowa Wola di mana Ukraina memesan sebanyak 60 unit Krab 155.

Kesempatan ini disaksikan oleh Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki yang sekaligus mengonfirmasi akan memasok senjata senilai PLN 3 miliar atau setara 700 juta dolar AS ke Ukraina.

Sebelumnya, Ukraina telah menerima 18 unit Krab 155 sebagai bagian dari bantuan militer Polandia, seperti dilaporkan Dziennik.pl.

Kehadiran Krab 155 ini akan memainkan peran yang sangat signifikan, terutama di medan perang Ukraina timur melawan Rusia.

Mengenai Krab 155, sistem SPH ini mengusung howitzer 155-mm/L52 dan sistem kontrol tembakan artileri Topaz buatan WB Electronics.

Krab 155 ini menggabungkan sasis K9 Thunder Korea Selatan dengan kubah senjata (turret) AS-90M Braveheart dari Inggris, bobotnya mencapai 52 ton.

Desain Krab 155 model standar SPH beroda rantai umumnya menempatkan posisi pengemudi di kiri. Sementara mesin di kanan depan dan turret dipasang di belakang lambung.

Krab 155 diawaki lima prajurit, yang terlindung aman dari serangan peluru kaliber ringan dan serpihan munisi artileri.

Dalam pengerahannya di lapangan, satu sistem baterai artileri terdiri dari enam SPH Krab 155, lalu dua kendaraan suplai amunisi berbasis truk, satu kendaraan perawatan Waran dan satu kendaraan komando artileri C3I Azalia.

Krab 155 sendiri mulai dikembangkan pada 2001, dua prototipe dibangun oleh Huta Stalowa Wola.

Kendaraan mulai dikirimkan ke militer Polandia pada 2008, dengan pesanan sekitar 120 unit.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.