Jelang pergantian tahun, PTDI serahkan NC212i keempat untuk TNI AU

NC212i PTDIPTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat angkut ringan serbaguna NC212i keempat dari kontrak pengadaan sembilan unit oleh Kementerian Pertahanan RI, telah diserahkan untuk digunakan TNI Angkatan Udara. Penyerahan dilaksanakan pada Rabu, 28 Desember 2022.

Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan didampingi Direktur Produksi Batara Silaban, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM Wildan Arief dan Group Head Commercial PTDI Indar Atmoko hadir meninjau persiapan dan ferry flight pesawat NC212i tersebut.

Pesawat kemudian lepas landas dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju rumah barunya Skadron Udara 4, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Pesawat bernomor ekor AX-2130 ini dikirim dengan konfigurasi Troop Transport.

Pesawat diterbangkan oleh Mayor Pnb Deharday Nugraha sebagai Pilot In Command dan Lettu Pnb Faizal Fibriyan sebagai kopilot.

Adapun ketiga pesawat NC212i sebelumnya telah dikirimkan pada tanggal 26 Januari 2021, 26 Oktober 2021, dan 31 Desember 2021 di mana satu di antaranya dikirim dengan konfigurasi Rain Making.

Seperti dikutip Airspace Review dari siaran pers Humas PTDI, dari sembilan NC212i akan terdiri dari 4 Troop Transport, 4 Rain Making, dan 1 untuk Navigation Training.
.
Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot.

Pesawat dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Hingga saat, sebanyak 120 unit pesawat NC212 series telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai pelanggan, baik dalam maupun luar negeri.

Sementara total populasi pesawat NC212 series di dunia telah diproduksi sebanyak 604 unit.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *