AD Bangladesh pamerkan tank ringan VT5 buatan China

Tank VT5 Bangladesh buatan ChinaDTB

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Bangladesh memamerkan tank ringan VT5 barunya yang dibeli dari China dalam parade Hari Kemenangan Bangladesh pada 16 Desember 2022 lalu.

Menurut SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute), Bangladesh memesan 44 tank ringan VT5 buatan China pada Desember 2019.

Gelombang pertama VT5 mulai dikirimkan pada November 2022, menjadikan Bangladesh sebagai pelanggan asing pertama dari tank VT5.

Tank yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan China NORINCO (China North Industries Corporation) ini diperlihatkan kepada publik pada Airshow China 2016 di Zhuhai.

Persenjataan utama VT5 berupa kanon kaliber 105 mm yang memiliki jarak tembak maksimum hingga 3.000 m.

Tank VT5 ini dilengkapi dengan pemuatan munisi otomatis, dalam misi tempurnya membawa 38 butir munisi.

Jenis amunisi yang bisa ditembakkan termasuk Armour-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot (APFSDS), High-Explosive Anti-Tank (HEAT), dan High Explosive (HE) serta dapat meluncurkan rudal antitank (ATGM) dengan jangkauan 5.000 m.

Tank VT5 diawaki tiga orang yaitu pengemudi, komandan, dan penembak. Lambung tank tahan terhadap tembakan senjata kaliber kecil dan serpihan cangkang munisi artileri.

Untuk meningkatkan perlindungannya, bodi VT5 dapat dilengkapi dengan lapis baja komposit canggih atau lapisan baja reaktif eksplosif (ERA).

Sebagai penggeraknya, tank VT5 menggunakan mesin diesel berdaya 1.000 hp.

Tank ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 70 km/jam, dengan daya jelajah maksimum 450 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *