Pakai pesawat AS, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba Washington

Zelensky tiba di Washington menggunakan pesawat ASPool
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di Washington, Amerika Serikat menggunakan pesawat kenegaraan yang disediakan oleh Amerika Serikat, C-40B (Boeing 737 yang dimodifikasi), pada Rabu, 21 Desember 2022.

Kunjungan Zelensky ke AS dalam upaya untuk mencari bantuan ke Presiden Amerika Serikat Joe Biden agar pertahanan Kyiv bisa menguat dalam menghadapi invasi Rusia.

Boeing_contoh2

Kunjungan kerja ini, merupakan lawatan ke luar negeri pertama Zelensky sejak Rusia menginvasi Ukraina 300 hari lalu.

Lawatan ini memperlihatkan betapa dalamnya kepercayaan Amerika Serikat kepada Volodymyr Zelensky, orang nomor satu di Ukraina sejak 20 Mei 2019 tersebut.

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden menyambut kedatangan Presiden Zelenskiy di South Lawn, Gedung Putih, di Washington, seperti diberitakan Reuters.

Biden langsung merangkul punggung Zelensky ketika kedua pemimpin bertemu.

Beberapa saat sebelum Zelensky tiba di Washington, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan pihaknya akan menggelontorkan dana sebesar 1,85 miliar USD (Rp28 triliun) sebagai paket bantuan militer untuk Ukraina, termasuk sistem pertahanan udara Patriot.

Preisen Biden mengatakan, pihaknya mendukung Ukraina dalam melawan gempuran Rusia dan mendukung keinginan Kyiv untuk perdamaian yang adil.

Setelah itu Biden dan Zelensky melanjutkan pembicaraan di Gedung Putih secara tertutup.

Zelensky akan memberikan keterangan pers usai rapat dengan Biden.

Dia juga dijadwalkan akan memberikan pidato di Gedung Capitol Hill di hadapan anggota Senat Amerika dan anggota DPR Amerika.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *