Kenalkan, ini TB-001 Twin Tailed Scorpion: drone monster dari China

TB-001 Twin Tailed Scorpion
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – China baru saja unjuk gigi dengan produk aviasinya di gelaran Airshow China 2022, pada bulan November lalu di Zhuhai.

Di antara jajaran drone yang dipamerkan, satu yang cukup menyita perhatian adalah drone berukuran jumbo, yang di juluki “Drone Monster”. Dialah TB-001 Twin-Tailed Scorpion rancangan pabrik Sichuan Tengden.

Boeing_contoh2

Drone intai serang ini dapat terbang membawa muatan penuh amunisi. Total tersedia 12 gantungan senjata, masing-masing lima di bawah sayapnya dan dua berada di perutnya.

Tergolong sebagai drone kelas MALE (Medium Altitude Long-Endurance), TB-001 dibekali dengan tiga mesin. Dua di sayap utama dan mesin ketiga model pusher di bagian buntutnya.

TB-001 pertama kali diluncurkan pada September 2017. Drone dilaporkan telah dioperasikan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) sejak 2021.

Drone monster ini memiliki berat lepas landas maksimum (MTOW) lebih dari 3.000 kg. Memiliki jangkauan sekitar 6.000-8.000 km atau dengan durasi penerbangan maksimum 35 jam.

TB-001 sanggup melayang di udara hingga ketinggian 9.000 m. Ketinggian penerbangan ini lebih tinggi dari jangkauan intersepsi efektif dari rudal permukaan ke udara jarak pendek.

Artinya, dapat meningkatkan keselamatan operasionalnya.

Dibekali dengan sistem pelacakan elektro-optik (EOTS) tepat di depan peluncur rudal ventral, TB-001 dapat digunakan dalam menghancurkan target darat dengan konsentrasi tinggi.

TB-001 dapat diandalkan untuk misi memberikan dukungan dari udara untuk pasukan darat. Drone ini akan bertindak sebagai pesawat close air support (CAS) tanpa awak.

Dengan muatan senjatanya yang besar, TB-001 dapat menghajar berbagai target darat lawan baik yang statis maupun bergerak, seperti bunker, pos komando, maupun beragam kendaraan perang.

Untuk menghancurkan target dan benteng lapis baja berat, TB-001 dibekali dengan rudal udara-ke-darat AR-4 seberat 80 kg.

Rudal tersebut memiliki jangkauan hingga 20 km dan dapat diluncurkan dari ketinggian 7.000 m.

Sang drone monster ini juga dapat menembakkan rudal udara ke darat AR-2 seberat 20 kg untuk menghancurkan kendaraan ringan, personel musuh di darat, dan target lainnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *