TUDM rayakan 25 tahun F/A-18D Hornet Skuadron No 18

FA-18D Hornet TUDM MalaysiaTUDM
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) atau Royal Malasyian Air Force (RMAF) merayakan 25 tahun penggunaan jet tempur F/A-18D Hornet oleh Skuadron No 18 sekaligus perayaan ulang tahun perak skuadron tersebut.

Peringatan HUT Silver Jubilee tersebut dilaksanakan di Hanggar Skuadron No 18 pada 16 Desember 2022, dipimpin oleh Panglima TUDM Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Mohd Asghar Khan bin Goriman Khan RMAF dan dihadiri kurang lebih 500 orang.

Airbus_contoh2

Skuadron No.18 beroperasi sejak Juli 1997. Di ulang tahunnya yang ke-25, skuadron ini mengusung slogan “Melestarikan Warisan” yang artinya Skuadron No 18 melestarikan warisan untuk masa depan yang lebih baik, tulis TUDM.

Sejak kedatangan pesawat F/A-18D Hornet bersamaan dengan peresmian Skuadron No 18 pada tahun 1997, pesawat tersebut mampu berdiri megah dalam menonjolkan kemampuannya secara maksimal untuk mempertahankan wilayah udara negara.

Agar pesawat ini sesuai dengan kebutuhan operasional dan perkembangan teknologi, RMAF berencana untuk melaksanakan program upgrade F/A-18D Hornet ke level ‘SCS 25X’ yang merupakan program upgrade yang diluncurkan pada tahun 2014.

Hal ini, lanjut TUDM, membuktikan bahwa kepemimpinan sangat serius terhadap kemampuan aset udara RMAF pada umumnya dan pesawat F/A-18D Hornet pada khususnya, sesuai aspirasi rencana pengembangan kemampuan RMAF (CAP55).

RMAF berharap program peningkatan berikutnya, ‘SCS 29C’, akan berjalan sesuai rencana untuk lebih meningkatkan kemampuan pesawat F/A-18D ini sejalan dengan kemampuan pesawat hornet dari negara lain.

Keberhasilan Skuadron No 18 dalam misi ‘Ops Daulat’ tahun 2013 membuktikan kemampuan pesawat ini menghadang serbuan pemberontak Sulu di tanah air.

Selain itu, kemampuan sistem pesawat ini juga memungkinkan skuadron ini dipilih untuk menjalankan berbagai misi dan pelatihan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Di antaranya Exercise Pitch Black di Australia tahun 2008 dan 2018, selain keikutsertaan dalam Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) air show, Hari Ulang Tahun ATM, Hari Nasional, dan lain-lain.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *