Parlemen Swedia serukan penjualan jet tempur Saab Gripen ke Ukraina

Gripen DSaab

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Parlemen Swedia menyerukan kepada pemerintah negeri itu untuk melakukan penjualan jet tempur Swedia Saab Gripen ke Ukraina.

Anggota Parlemen Swedia (Riksdag), perwakilan dari Partai Demokrat Kristen yang tergabung dalam koalisi, Magnus Jacobsson mengemukakan hal itu dalam wawancara dengan surat kabar Ukraina Guildhall.

“Posisi saya dalam konteks dukungan militer untuk Ukraina adalah saya selalu menegaskan bahwa Swedia harus siap menjual senjata. Secara khusus, saya mengetahui minat Ukraina untuk membeli pesawat Swedia JAS39 Gripen dan posisi saya adalah bahwa hal ini harus dimungkinkan,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa Swedia memiliki undang-undang yang melarang penjualan senjata ke negara yang berperang.

Akan tetapi, lanjutnya, karena Swedia sudah memasok senjata ke Ukraina, maka Swedia harus dapat menjual yang diperlukan oleh Ukraina juga.

“Oleh karena itu, saya setuju untuk meningkatkan bantuan militer dan umum ke Ukraina dan juga menjual pesawat Saab JAS39 Gripen,” ujar Jacobsson.

Pengiriman pesawat tempur ke Ukraina telah lama menjadi isu kontroversial.

Dengan armada pesawat tempur dan pesawat serang buatan Soviet yang menderita kerugian terus-menerus dalam perlawanannya terhadap invasi Rusia, Ukraina telah beberapa kali meminta pasokan jet modern.

Pesawat tempur F-16 dan Gripen diinginkan oleh Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov.

Dikembangkan pada 1980-an, Gripen dirancang untuk beroperasi di daerah keras dengan infrastruktur sesedikit mungkin, dan diusulkan sebagai salah satu opsi terbaik untuk Ukraina oleh pengamat Ukraina dan Barat.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billström telah berada di Kiev sejak Senin bersama rekan-rekannya dari negara-negara Eropa utara dan Baltik lainnya untuk menunjukkan dukungan berkelanjutan bagi Ukraina.

-JDN-

One Reply to “Parlemen Swedia serukan penjualan jet tempur Saab Gripen ke Ukraina”

  1. lakukan penjualan dan pastikan gripen dapat bertahan karena jika gagal bertahan maka hancurlah nama besar saab,.. reputasi sebagai taruhanya,…
    rusia punya rudal yg cukup beragam dari jarak sangat jauh, jauh, sedang dan dekat,… jika bisa bertahan maka pasar saab jas 39 gripen akan lancar jaya jika gagal wasalaam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *