Produksi F-16V tertunda, Bulgaria mencari jet tempur sewaan

MBDA-Meteor-on-Gripen_2Saab

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Bulgaria mencari jet tempur yang dapat disewakan sambil menunggu produksi F-16 Viper yang mengalami penundaan.

Saat ini penjajakan sedang dilakukan oleh Sofia terhadap Swedia dan Perancis.

Bulgaria membutuhkan pengganti segera armada MiG-29 yang sudah tidak dapat digunakan lagi tahun depan karena masa pakainya habis.

Selain ke Swedia dan ke Perancis, Bulgaria juga telah mengirimkan surat penawaran ke tujuh negara termasuk Amerika Serikat.

Spanyol, Italia, dan Belanda telah menanggapi permintaan tersebut dengan mengatakan bahwa mereka tidak dapat menyewakan pesawat tempur mereka.

Kementerian Pertahanan Bulgaria mengatakan, tertundanya produksi F-16V pesanan negaranya disebabkan pandemi COVID-19 yang memengaruhi produksi pesawat di Lockheed Martin.

Sementara itu, Lockheed mengatakan telah mengalami masalah pasokan, yang menyebabkan terjadi perubahan jadwal pengiriman dari tahun 2023 menjadi 2025.

Penundaan dua tahun ini menyebabkan jet F-16 Viper Bulgaria tidak akan beroperasi penuh hingga hingga tahun 2028, seperti diberitakan Breaking Defense.

Bulgarian memesan 16 F-16V kepada Lockheed Martin dalam dua kali kontrak terpisah, yaitu tahun 2019 dan 2021.

-KMZ-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *