Pakistan pamerkan potongan sayap MiG-21 Bison AU India yang ditembak jatuh JF-17 AU Pakistan di IDEAS 2022

Potongan MiG-21 India dipamerkan Pakistan di IDEAS 2022_airspace reviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam pameran pertahanan international IDEAS 2022 yang berlangsung pada 15-18 November diKarachi Expo Centre (KEC) Pakistan, potongan sayap MiG-21 Bison milik Angkatan Udara India (IAF) dipamerkan ke hadapan publik.

Seperti diketahui, AU Pakistan menyatakan pada 27 Februari 2019 berhasil menembak jatuh MiG-21 Bison AU India tersebut selama Operasi Swift Retort.

Boeing_contoh2

Meskipun, New Delhi dan Islamabad membuat pernyataan berbeda tentang kejadian tersebut saat itu.

IAF sendiri mengklaim telah berhasil menembak jatuh pesawat F-16 Angkatan Udara Pakistan (PAF) dalam sebuah pertempuran di wilayah udara Khasmir.

Sementara Pakistan mengklaim sebaliknya, berhasil menembak jatuh dua jet tempur IAF. Bahkan jet tempur JF-17-nya telah menembak jatuh MiG-21 Bison India.

India hanya mengakui satu unit pesawatnya yang jatuh, itu pun oleh jet F-16 bukan JF-17 yang disebutkan Pakistan.

Dari dua jet tempur AU India yang berhasil ditembak, salah satu pesawat jatuh di sisi Kashmir India. Sedangkan yang kedua jatuh di wilayah yang dikuasai Pakistan dan pilotnya ditangkap, klaim Pakistan.

Konflik kedua negara bertetangga ini terjadi sehari setelah pesawat tempur India menyerang kawasan Pakistan (26 Februari) untuk kali pertama sejak perang tahun 1971.

Ketegangan kedua negara telah meningkat sejak dipicu oleh bom mobil bunuh diri oleh militan Pakistan di Kashmir yang dikuasai India menewaskan sedikitnya 40 polisi paramiliter India pada 14 Februari.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *