AERO kirimkan tiga jet L-39ZA Albatros hasil modernisasi ke Nigeria

L-39ZA Nigerian Air ForceAero Vodochody
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pesawat asal Ceko, AERO Vodochody, telah mengirimkan tiga pesawat L-39ZA Albatros hasil modernisasi ke Nigeria.

Pengiriman ini merupakan bagian dari kontrak untuk meng-upgrade 3 L-39ZA milik Angkatan Udara Nigeria.

Pada Juli 2020, ketiga pesawat diangkut menggunakan pesawat An-124 dari pangkalannya di Kano, Nigeria ke Bandara Pardubice, Ceko untuk menjalani modernisasi, kata perusahaan dalam siaran persnya.

Setelah dua tahun perbaikan di fasilitas AERO, ketiga pesawat pun dikembalikan kepada pemiliknya.

Pesawat diterbangkan pulang ke Nigeria oleh para pilot uji AERO menempuh jarak 5.000 km selama empat hari. Setiap pilot menghabiskan 13 jam di udara.

Penerbangan dilakukan dengan menempuh rute pemberhentian di Dijon (Prancis), Valencia (Spanyol), Ghardaie (Aljazair), Tamanrasset (Aljazair), dan Agadez (Niger), sebelum mencapai Nigeria.

Perusahaan mengatakan, penerbangan cukup menantang karena jarak yang jauh dan kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Fitur yang ditingkatkan pada pesawat L-39ZA meliputi sistem instrumen penerbangan elektronik dengan tampilan digital data penerbangan di kokpit serta head-up display (HUD).

L-39ZA yang telah dimodernisasi akan digunakan oleh Angkatan Udara Nigeria untuk pelatihan pilot sebelum menerbangkan pesawat tempur JF-17 Thunder.

-KMZ-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *