Falcon 7X, pesawat angkut VVIP bermesin tiga

Falcon 7XVia Scramble
ROE

AIRPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar viral di dunia maya foto-foto pesawat Dassault Falcon 7X menggunakan roundel TNI Angkatan Udara di Bandara Lelystad, Belanda.

Dikutip dari situs Scramble, pesawat berwarna abu-abu tersebut terdaftar sementara dengan kode F-HJCP (261) yang akan diterbangkan ke Jakarta.

Disebutkan bila Falcon 7X ini akan dioperasikan sebagai pesawat VVIP oleh Skadron Udara 17 yang bermarkas di Lanud Halim Perdana Kusuma dan akan mendapatkan nomor registrasi A-0707.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak TNI Angkatan Udara dan Kementerian Pertahanan soal keberadaan pesawat Falcon 7X tersebut.

Mengenai Falcon 7X, merupakan pesawat bisnis bermesin jet buatan Dassault Falcon Jet Corp. yang didirikan tahun 1963 yang berpusat di Little Ferry, New Jersey, Amerika Serikat.

Dassault Falcon Jet Corp. beroperasi sebagai perusahaan bersubsidi dari Groupe Industriel Marcel Dassault S.A.(Dassault Aviaton) Perancis.

Prototipe pertama dari Falcon 7X sukses terbang perdana pada 12 Januari 1999, dan pesawat ini masih diproduksi hingga sekarang.

Untuk spesifikasinya, Falcon 7X diawaki tiga kru (pilot, kopilot, dan pramugari) dan menampung hingga 12 penumpang.

Pesawat memiliki dimensi panjang 23.19 m, rentang sayap 26.21 m dan tinggi 7.86 m. Berat maksimum lepas landas (MTOW) mencapai 31.299 kg.

Sebagai penggeraknya berupa tiga mesin turbofan buatan Pratt & Whitney Canada (PWC) PW307A, masing-masing berdaya 28.46 kN.

Pesawat memiliki performa kecepatan jelajah maksimum 900 km/jam, ketinggian terbang hingga 15.545 m dan jangkaun operasional sejauh 11.019 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *