Respati, RCWS buatan dalam negeri tampil di Indo Defence 2022

RESPATI RCWS DIPASANG PADA ANOA 6X6 - AIRSPACE REVIEWRBS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu sistem persenjataan buatan dalam negeri yang tampil di pameran pertahanan international Indo Defence 2022 di Kemayoran 2-5 November lalu adalah Respati RCWS (Remote Control Weapon System).

Sistem senjata kendali jarak jauh ini merupakan hasil rancang bangun PT Respati Solusi Rekatama, perusahaan binaan Kementerian Pertahanan RI yang berdiri sejak 2009 dan berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Respati dapat dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 12,7 mm atau 7,62 mm. RCWS ini dapat dipasang baik pada kendaraan lapis baja atau sebuah bangunan, sehingga personel dapat terlindungi aman di dalamnya.

“Respati adalah satu-satunya RCWS yang 100 persen dirancang dan dikerjakan oleh anak bangsa,” kata Direktur Utama PT Respati Solusi Rekatama, Dhita Yudistira pada pembukaan pameran 2 November 2022 lalu.

Respati RCWS telah tersertifikasi dan lulus uji oleh Dislitbang TNI AD serta telah melalui First Article (FA) dari Program Bangtekindhan Kemhan.

Dalam demo dinamis pada hari pertama pameran, Respati RCWS dipasang di panser Pindad Anoa 6X6, dan tampil di hadapan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selain telah dipasang pada panser Anoa 6X6, Respati RCWS juga dipasang pada kendaraan tempur angkut pasukan Turangga APC 4X4 milik Kopasgat TNI AU.

-RBS-

One Reply to “Respati, RCWS buatan dalam negeri tampil di Indo Defence 2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *