Selain Rafale, AU Serbia pertimbangkan akuisisi jet tempur MiG-35 atau JF-17

Rafale - MiG-35 - JF-17Wikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Republik Serbia sedang dalam proses memperbarui persenjataannya. Sumber Serbia mengatakan waktunya telah tiba untuk memperbarui armada jet tempur Angkatan Udara Serbia.

Salah satu pesawat yang diincar oleh AU Serbia adalah MiG-35 dari Rusia yang tergolong sebagai jet tempur generasi 4++.

Namun demikian, kemungkinan MiG-35 akan diakusisi Serbia tipis.

Alasannya bukan karena kemampuan operasional jet atau karakteristiknya, tapi alasan politis, seperti dikutip dari Military Cognizance.

Komentar analis lokal menyebutkan Beograd ketakutan bila Washington (AS) menyerang dengan sanksi CAATSA, ini akan menghalangi Serbia mendapatkan MiG-35.

Sebagai alternatif lainnya, terbuka kemungkinan bagi AU Serbia untuk memborong jet tempur buatan China/Pakistan JF-17 Block 3.

Sumber yang dekat dengan lingkaran politik Serbia di Beograd percaya bahwa JF-17 Block 3 tidak hanya akan menjadi kompromi tetapi juga solusi yang bagus untuk krisis jet tempur Serbia.

Meskipun JF-17 Block 3 tergolong jet tempur generasi ke-4, tetapi pesawat berjulukan Thunder ini telah dilengkapi dengan avionik canggih generasi ke-5 yang dikembangkan untuk jet siluman J-20.

Selain itu, biaya operasional dan perawatan jet tempur JF-17 Block 3 yang rendah, juga akan mempengaruhi keputusan.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan yakni JF-17 Block 3 memiliki mesin yang serupa dengan MiG-29, yang artinya AU Serbia memiliki pengalaman merawatnya.

Diharapkan pula jka Serbia membeli JF-17 Block 3, juga akan menerima lengkap dengan persenjataannya seperti rudal udara ke udara generasi terakhir produksi China.

Di luar MiG-35 dan JF-17, AU Serbia mungkin memutuskan untuk beralih ke jet tempur multiperan buatan Barat, Dassault Rafale dari Perancis.

Diketahui, Presiden Serbia Aleksandar Vučić pada 24 Desember 2021 menyatakan bahwa Serbia tertarik membeli Rafale baru untuk memperkuat AU-nya.

Lalu pada April 2022, La Tribune melaporkan bahwa Serbia dan Dassault sedang bernegosiasi untuk membeli 12 unit Rafale. Namun belum ada kontrak pembelian hingga saat ini.

Sebagai tambahan informasi, saat ini AU Serbia diperkuat 14 jet tempur gaek MiG-29 era Uni Soviet dan selusin jet serang Soko J-22B produksi era Yugoslavia masih berdiri.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *