F-16, JAT, dan helikopter tri matra akan tampil di HUT ke-77 TNI

Geladi HUT TNI ke-77 Tahun 2022TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden RI Joko Widodo akan memimpin peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 5 Oktober mendatang.

Sejumlah penampilan udara akan memeriahkan upacara tersebut.

Delapan pesawat F-16 dengan call sign “Rydder Flight” gabungan dari Skadron Udara 16, Skadron Udara 3, dan Skadron Udara 14 akan terbang flypast membentuk formasi kepala panah (arrow head) dan mengakhirinya dengan manuver bomb burst.

Kemudian Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters dari Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta dengan enam pesawat KT-1B Woongbi akan menampilkan 10 manuver aerobatik selama 12 menit.

Penampilan lainnya adalah flypast armada helikopter gabungan dari tiga matra, AD, AL, dan AU juga akan terbang melintas di depan Istana Merdeka dengan membawa bendera berukuran besar.

Armada helikopter yang akan tampil terdiri dari 12 unit. Terdiri dari dua EC-725 Caracal dan dua NAS-332 Super Puma milik TNI AU  dari Lanud Atang Sendjaja, kemudian empat AH-64E Apache Guardian dari Puspenerbad (TNI AD), serta empat AS565 MBe Panther dari Puspenerbal (TNI AL).

Armada helikopter akan membawa Bendera Merah Putih dan Bendera Tri Matra TNI berukuran 30 m X 20 m.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, seluruh pesawat yang akan tampil pada HUT ke-77 TNI pada 5 Oktober akan lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma. Geladi hari pertama telah dilaksanakan pada Jumat, 30 September.

Kadispenau menjelaskan, TNI AU mendapat tugas dari Panglima TNI untuk menyiapkan demo udara pada peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022. 

Pesawat F-16 “Rydder Flight” dipimpin oleh Mayor Pnb Bambang Aulia.  Sementara JAT dipimpin oleh Letkol Pnb Ripdho Utomo.

Adapun armada helikopter “Tri Matra Flight” yang terbagi dalam dua elemen dipimpin oleh Letkol Pnb Imanuel Simarmata.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *