Embraer merilis foto pertama KC-390 untuk Angkatan Udara Portugis

KC-390 Millenium for Portugal_Embraer_ Airspace ReviewEmbraer

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Embraer merilis foto pesawat KC-390 Millenium pertama untuk Angkatan Udara Portugis (FAP).

Pesawat ini sedang menjalani uji coba penerbangan di unit Embraer di Gavião Peixoto, di Negara Bagian São Paulo.

Pesawat akan mendapatkan sertifikasi dari otoritas Brasil, termasuk Badan Penerbangan Sipil Nasional (ANAC) dan Institut Pengembangan dan Koordinasi Industri (IFI).

Fase ini, kata Embraer dalam siaran persnya, dilaksanakan sebelum pesawat diterbangkan ke Portugal.

Selanjutnya peralatan standar NATO (North Atlantic Treaty Organization) akan diintegrasikan dan disertifikasi oleh National Aeronautical Authority (AAN) Portugal dengan keterlibatan OGMA, anak perusahaan Embraer di Portugal.

Semua kegiatan dipantau oleh FAP dengan pengiriman pertama dijadwalkan akan dimulai pada 2023.

Pada bulan Agustus 2019, pemerintah Portugal menandatangani kontrak dengan Embraer untuk akuisisi lima pesawat KC0390 Millenium berikut layanan dan dukungan serta simulator penerbangan.

Pengadaan ini sebagai bagian dari proses modernisasi kemampuan FAP guna mendukung kesiapan misi publik.

Pesawat KC-390 memenuhi semua persyaratan FAP untuk melakukan berbagai misi sipil, termasuk dukungan kemanusiaan, evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan, dan pemadam kebakaran.

Pesawat ini juga meningkatkan kemampuan transportasi dan peluncuran yang unggul untuk kargo dan pasukan serta pengisian bahan bakar dalam penerbangan.

Portugal merupakan mitra internasional terbesar dari program KC-390. Partisipasinya dalam pengembangan dan produksi pesawat diakui memiliki dampak ekonomi yang positif pada penciptaan lapangan kerja, investasi baru, peningkatan ekspor dan kemajuan teknologi.

C-390 Millennium dan konfigurasi pengisian bahan bakar udaranya, KC-390, adalah generasi baru pesawat angkut militer multimisi yang menawarkan mobilitas dan kapasitas muatan yang tak tertandingi.

Pesawat memiliki konfigurasi ulang yang cepat, ketersediaan tinggi, kenyamanan yang ditingkatkan, dan keselamatan penerbangan, serta sebagai manajemen yang dioptimalkan dari pengurangan biaya operasional sepanjang siklus hidupnya, semuanya dalam satu platform.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *