Kapal patroli ketiga Proyek 22160 Pavel Derzhavin mulai berdinas di AL Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal patroli ketiga Proyek 22160 Pavel Derzhavin (363) mulai berdinas di Angkatan Laut (AL) Rusia. Upacara peresmian dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Laut Novorissysk pada 27 November 2020.

Pavel Derzhavin masuk dalam kekuatan Armada Laut Hitam Rusia. Bendera Andreevsky dikibarkan di tiang kapal sebagai pertanda dimulainya pengabdian kapal patroli besar ini.

Dalam waktu dekat, para awak kapal baru ini akan memulai kursus khusus pelatihan tempur.

Proyek 22160 dirancang oleh Biro Desain JSC Severnoye dan dibangun untuk Angkatan Laut Rusia oleh galangan kapal JSC Zelenodolsk.

Paver Derzhavin memiliki panjang 94 m, lebar 14 m, dan tinggi 3,4m. Kapal berbobot 1.550 ton ini diawaki oleh 80 personel.

Dalam hal persenjataan, di bagian haluan kapal ditanam meriam AK-176MA kaliber 76,2 mm. Sementara persenjataan utama berupa rudal jelajah Kalibr-NK dengan sistem peluncur vertical (VLS).

Perlindungan ZEE dan Pangkalan Angkatan Laut

Proyek 22160 diutamakan untuk tugas-tugas patroli, pemantauan, perlindungan di zona ekonomi eksklusif (ZEE), dan perairan teritorial Rusia di laut terbuka dan tertutup.

Kapal ini juga dapat digunakan melaksanakan tugas perlindungan terhadap kapal-kapal yang sedang transit di pelabuhan, wilayah perairan, maupun perlindungan bagi pangkalan angkatan laut dari serangan musuh.

pavel-derzhavin_patrol shipTwitter

Fungsi lain yang dapat dijalankan adalah pencarian dan penyelamatan (SAR), pendampingan korban bencana, pemantauan lingkungan, serta pemberantasan kegiatan penyelundupan dan pembajakan di laut.

Baca Juga: AL Rusia siapkan pesawat jet intai maritim pesaing P-8 Poseidon

Kapal Proyek 22160 dapat menjelajah sejauh 6. 000 mil (9.656 km) dan melaut selama 60 hari.

Dua kapal kelas ini sebelumnya adalah Vasily Bykov dan Dmitriy Rogachev. Keduanya berdinas di Armada Laut Hitam Rusia.

Total AL Rusia akan dilengkapi enam unit Project 22160. Kapal berikutnya yang masih dalam pembuatan adalah Sergei Kotov, Viktor Velikiy, dan Nikolai Sipyagin.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *