Zelensky beri nama Hetman Ivan Mazepa untuk korvet Ada-class buatan Turki

Hetman Ivan Zanepa - Ukrainian corvetteMoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memberi nama Hetman Ivan Mazepa untuk kapal perang korvet pertama Ada-class (MILGEM) Ukraina yang dibangun oleh galangan kapal STM Turki di Istanbul.

Menurut informasi yang disiarkan oleh Angkatan Laut Ukraina pada 18 Agustus 2022, Kementerian Pertahanan Ukraina memesan dua unit kapal jenis ini dari Turki.

Berdasarkan kontrak senilai 256 juta USD yang telah ditandatangani pada Desember 2020 lalu, kapal korvet pertama akan dikirimkan ke Ukraina pada akhir 2023.

Namun, kapal yang akan dikirimkan tersebut nantinya belum sepenuhnya selesai dan akan diselesaikan di Ukraina.

Mengenai korvet kelas Ada, ini adalah korvet antikapal selam yang dikembangkan terutama untuk Angkatan Laut Turki tetapi juga dibuat untuk ekspor sebagai bagian dari proyek MILGEM.

Ada-class dilengkapi dengan senjata permukaan, bawah permukaan, dan antiserangan udara modern, sensor, serta sistem manajemen tempur.

Melansir Navy Recognition, korvet kelas Ada ditenagai oleh sistem propulsi gabungan diesel dan gas (CODAG) termasuk turbin gas dengan daya 23.000 kilowatt (31.000 hp) serta dua mesin diesel dengan daya 4.320 kW (5.790 hp).

Setiap mesin diesel menggerakkan satu baling-baling pitch yang dapat dikontrol melalui gigi reduksi utama dua kecepatan.

Kapal dapat mencapai kecepatan tertinggi 30 knot (56 km/jam) dengan daya jelajah maksimum 3.500 nmi (6.500 km) pada 15 knot (28 km/jam).

Korvet kelas Ada memiliki panjang 99,56 m, lebar 14,4 m, dan draft 3,9 m. Kapal memiliki daya tahan 21 hari dengan dukungan logistik dan 10 hari dalam kondisi otonom.

Kapal diawaki 93 pelaut dan dapat menampung hingga 106 orang. Dia memiliki platform dan gantungan untuk membawa satu helikopter angkatan laut.

Untuk persenjataan, korvet kelas Ada dilengkapi dengan satu meriam Oto Melara Super Rapid 76 mm (3 in.), dua turet ASELSAN STAMP Stabilized Machine Gun 12,7 mm (0,50 in), delapan rudal antikapal Harpoon atau Atmaca, dan dua 324 mm (13 in) peluncur tiga Mk.32 untuk torpedo Mk.46.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *