TNI AU berangkatkan 6 F-16 Fighting Falcon ke Exercise Pitch Black 2022

TNI AU Berangkatkan 6 F-16 ke Pitch Black 2022TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara memberangkatkan enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon untuk mengikuti Latihan Pitch Black 2022 di RAAF Base Tindal, Australia.

Puluhan personel yang terdiri dari Komando Latihan (Kolat), penerbang, dan kru darat dikirim oleh TNI AU untuk mengikuti latihan tempur udara multinasional dua tahunan tersebut pada Kamis (18/8).

Pesawat F-16 dari Skadron Udara 3, Wing Udara 3, Lanud Iswahjudi digunakan untuk latihan tersebut. Sementara para penerbangnya merupakan gabungan dari penerbang Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16, tulis TNI AU dalam rilisnya.

Exercise Pitch Black 22 diikuti oleh Angkatan Udara dari 13 negara. Latihan akan berlangsung pada 20 Agustus hingga 8 September 2022.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur para penerbang dalam melaksanakan Offensive Counter Air (OCA) maupun Defensive Counter Air (DCA).

Tiga belas negara peserta yang ikut dalam latihan kali ini adalah Australia sebagai penyelenggara dan ruan rumah, Amerika Serikat, Indonesia, Jepang, Singapura, India, Korea Selatan, Perancis, Kaledonia Baru, Inggris, Jerman, Selandia Baru, dan Kanada.

Untuk pertama kalinya, Angkatan Udara Australia (RAAF) akan mengerahkan jet tempur F-35A mereka dalam Exercise Pitch Black.

Demikian juga dengan Jerman yang mengerahkan armada Eurofighter Typhoon, juga pertama kalinya mengirimkan pesawat tempur bersayap delta ini ke ajang Pitch Black.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *