Ada peran Camar Flight di balik kesuksesan Flypast HUT ke-77 RI

Camar Flight sukseskan Garuda Flight dan Nusantara Flight HUT 77 RITNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara kembali berhasil melaksanakan penerbangan lintas (flypast) di atas Istana Merdeka pada peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Kali ini sebenyak 14 pesawat F-16 Fighting Falcon yang tergabung dalam Garuda Flight terbang membentuk angka 77 di langit Jakarta, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara itu Nusantara Flight yang terdiri dari delapan helikopter gabungan TNI dan Polri, juga sukses mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di udara dengan berat 1,3 ton.

Seluruh pertunjukan ini disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta seluruh undangan yang hadir di Istana Merdeka serta ratusan juta pasang mata di seluruh Indonesia maupun di luar negeri melalu siaran langsung televisi dan media sosial.

Kesuksesan melaksanakan penerbangan Garuda Flight dan Nusantara Flight tidak lepas dari berbagai unsur dan satuan yang terlibat.

Salah satunya adalah peran Camar Flight, yaitu penerbangan pesawat Boeing 737-200 Intai Strategis dari Skadron Udara 5, Wing Udara 5, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Camar Flight kali ini dipiloti oleh Mayor Pnb Lucky Candra Yudistira.

Dengan segenap kru yang terlibat, Camar Flight melaksanakan penerbangan untuk pengamatan dan pengambilan gambar jalannya kegiatan.

Misinya adalah menyelenggarakan pengumpulan dan perekaman data-data untuk penyempurnaan taktik dan teknik kegiatan flypast yang dilaksanakan oleh Garuda dan Nusantara Flight.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *