MiG-31BM kejar pesawat mata-mata Inggris di atas Laut Barents

RAF RC-135 diusir oleh MiG-31BM di atas Laut BarentsFlightRadar24
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur pencegat MiG-31BM mengejar pesawat mata-mata Inggris yang disinyalir wilayah udara Rusia di Laut Barents dekat Murmansk.

Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan hal itu pada hari Senin (15/8).

Satu pencegat MiG-31 dikirim untuk mengejar dan mengusir jet pengintai RC-135W Rivet Joint dari sekitar Cape Svyatoy Nos, dekat pangkalan utama Armada Utara Angkatan Laut Rusia, kata Kemhan Rusia dalam pernyataannya.

Dijelaskan, pesawat pencegat MiG-31BM yang ditugaskan dengan patroli udara perbatasan untuk mengidentifikasi pesawat pengintai dan memaksanya untuk menghentikan pelanggarannya terhadap wilayah udara Rusia.

Pesawat mata-mata RAF dengan panggilan penerbangan RRR7255 melakukan beberapa putaran sebelum menuju pintu masuk ke Laut Putih dan melanggar wilayah udara Rusia.

Pesawat itu selanjutnya menjauh dan terbang menuju ke pangkalan RAF di Waddington, Lincolnshire.

Insiden pada hari Senin, menurut Rusia, adalah serangan pertama oleh pesawat NATO di wilayah Rusia sejak konflik dengan Ukraina pecah pada Februari.

Ini adalah pelanggaran kedua Inggris atas wilayah Rusia sejak Juni 2021, ketika kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan HMS Defender berlayar di lepas pantai Krimea.

Insiden terbaru yang diketahui di Laut Barents terjadi pada bulan Juli 2021. Saat itu tiga pembom B-52 AS berkemampuan nuklir mendekati wilayah udara Rusia. Kawanan pesawat pembom itu kemudian diusir oleh armada tempur Rusia.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *