Kasal resmikan kapal angkut tank KRI Teluk Calang-524 buatan dalam negeri

KRI Teluk Calang-524TNI AL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis angkut tank (AT) KRI Teluk Calang-524.

Peresmian dilaksanakan di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin 8 Agustus 2022.

Seremoni dihadiri juga oleh anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin, Ketum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono, Pangkotama TNI AL Wilayah Jakarta dan para pejabat lainnya.

Selanjutnya prosesi serah terima kapal dilakukan dari Direktur Utama PT. DRU, John Wijanarko kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Maman Rohman.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pengukuhan terhadap Letkol Laut (P) Bagus Waluya sebagai Komandan KRI Teluk Calang-524.

Laksamana Yudo dalam sambutannya mengatakan bahwa KRI Teluk Calang-524 merupakan kapal angkut tank ketujuh (AT-7) dari kelas Teluk Bintuni.

Ditambahkan, penamaan Teluk Calang, diambil dari nama sebuah teluk di Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam.

“Sejak hari ini KRI Teluk Calang-524 secara resmi masuk dalam jajaran TNI Angkatan Laut dan selanjutnya akan ditugaskan untuk memperkuat Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta,” ujar Laksamana Yudo.

Disampaikan pula, pembangunan kapal di galangan dalam negeri ini sebagai wujud dari komitmen pimpinan TNI AL untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta kemandirian industri pertahanan sebagaimana selalu ditekankan oleh Presiden Joko Widodo.

KRI Teluk Calang-524 ini dipesan oleh TNI Angkatan Laut di Galangan PT. Daya Radar Utama (DRU) yang berlokasi Lampung.

Sebelumnya, dua unit jenis kapal yang sama yakni KRI Teluk Youtefa-522 dan KRI Teluk Palu-523 telah diresmikan dan telah bertugas di Kolinlamil.

Untuk spesifikasinya, KRI Teluk Calang-524 memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton.

Kapal memiliki kecepatan maksimum 16 knot dan kecepatan jelajah 14,8 knot. Jarak operasionalnya mencapai 7.200 nautical miles.

Sebagai peran utamanya sebagai pengangkut tank, KRI Teluk Calang-524 dapat mengangkut 10 unit Leopard MBT. Di atas deknya dapat menampung dua helikopter medium ringan.

Dalam misinya, kapal bisa menampung 361 prajurit, 120 personel anak buah kapal (ABK) dan enam kru helikopter.

Sebagai senjata bela diri, KRI Teluk Calang-524 dilengkapi persenjataan berupa dua kanon kaliber 40 mm dan dua senapan mesin kaliber 12,7 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.