Kasau pimpin Napak Tilas rangkaian Hari Bakti ke-75 TNI AU di Yogyakarta

Kasau Pimpin Napak Tilas Hari Bakti ke-75 di Lanud AdisutjiptoDispenau

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin Napak Tilas di Baseops, Disops Lanud Adisutjipto. Kegiatan merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti ke-75 TNI AU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022).

Dalam sambutannya, Kasau merefleksikan peristiwa 75 tahun lalu di waktu dan tempat yang sama, di mana para pendahulu TNI AU melakukan pemboman pertama ke tiga kedudukan musuh di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU.

Napak Tilas merupakan tradisi untuk mengenang peristiwa tersebut.

Kasau menyampaikan bahwa pada saat itu para pendahulu TNI AU menegaskan jati dirinya sebagai pengawal dirgantara meski di tengah segala keterbatasan namun tetap teguh menjaga angkasa tanah air melaksanakan panggilan perjuangannya.

Di saat ini, para insan TNI AU menegaskan dirinya sebagai pengawal dirgantara untuk tetap menghidupkan semangat kepahlawanan dan pengabdian dengan menapaki semangat soliditas perjuangan serta tekad pengabdian yang tulus demi kejayaan negara.

Generasi saat ini bertanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai dan semangat pengabdian para pendahulu kepada penerus TNI AU, kata Kasau.

Kasau berharap, Napak Tilas ini dapat tidak lekang oleh waktu dan menjadi tonggak sejarah yang menjulang setinggi angkasa pengabdian sebagai insan TNI AU demi kejayaan bangsa Indonesia.

Napak Tilas diperankan secara kolaborasi oleh Siswa Sekbang dan Komunitas 45 dalam kegiatan teatrikal.

Dalam Napak Tilas tersebut pesawat Cureng dan Guntei diperankan oleh pesawat Grob G 120 TP-A Skadik 101 Lanud Adisutjipto yang diterbangkan oleh para Instruktur Penerbang Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto, seperti diberitakan Dispenau.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *