Angkatan Udara Kanada bentuk Divisi Luar Angkasa

CF-18 HornetCF-18 Demo Team

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Kerajaan Kanada (RCAF) membentuk Divisi Luar Angkasa. Divisi yang disebut 3 CSD ini untuk mendukung operasi dan kegiatan sehari-hari Angkatan Bersenjata Kanada (CAF).

Divisi baru dibentuk dalam sebuah upacara di Markas Besar Pertahanan Nasional Carling di Ottawa, Ontario, pada 22 Juli 2022.

Acara dihadiri oleh Komandan RCAF Letnan Jenderal Al Meinzinger dan Komandan 3 CSD Brigadir Jenderal Mike Adamson.

Dikatakan, reorganisasi ini bertujuan untuk memenuhi perluasan ruang lingkup operasi ruang angkasa CAF.

Kemampuan berbasis ruang angkasa akan dikembangkan untuk mendukung CAF, termasuk kesadaran situasional; komunikasi, komando dan kontrol (C3), navigasi, dan cuaca.

Menteri Pertahanan Nasional Kanada Anita Anand mengatakan, ketika lingkungan keamanan internasional menjadi semakin kompleks, ruang angkasa merupakan domain penting bagi keamanan nasional.

“Pembentukan 3 Divisi Luar Angkasa Kanada menandai langkah maju yang penting dalam pekerjaan kami untuk membangun militer inovatif mutakhir yang dapat mengantisipasi dan bertindak dalam menanggapi ancaman masa depan,” ujarnya.

Sejauh ini sejumlah angkatan udara dari berbagai negara telah membentuk satuan khusus luar angkasa, seperti Prancis, Australia, Jerman, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *