Ukraina terima FV103 Spartan APC dari Inggris

Spartan APC

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Militer Ukraina mulai menerima pengiriman FV103 Spartan APC (Armored Personnel Carrier) yang disumbangkan oleh Inggris.

Sebelumnya, pada bulan April Inggris menyetujui pengiriman 120 kendaraan lapis baja ke Ukraina setelah pertemuan antara Boris Johnson dan Volodymyr Zelensky di Kyiv.

Selain Spartan APC, kendaraan lapis baja beroda ban Mastiff, Wolfhound, dan Husky juga dikirimkan untuk digunakan pasukan Ukraina bertempur melawan tentara Rusia.

Mengenai Spartan, merupakan keluarga CVR (T) atau Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked) yang dirancang dan dibangun oleh Alvis Plc. Kendaraan ini mulai berdinas untuk militer Inggris sejak 1978.

Sebagai APC, kendaraan dapat membawa hingga tujuh personel, termasuk pengemudi, komandan, operator senjata.

Spartan dilengkapi dengan kubah (turet) yang dipasang di sisi kiri depan lambung, dipersenjatai dengan satu senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Meski tergolong ranpur ringan, Spartan memiliki perlindungan balistik yang baik. Area depan tahan dari proyektil 14,5 mm, sisi samping dan belakang tahan peluru kaliber 5,56 dan 7,62 mm.

Kendaraan yang memiliki bobot tempur 10.670 kg ini didukung oleh mesin turbo diesel Cummins 5.9 yang berdaya 195 hp.

Spartan dapat berlari pada kecepatan maksimum di jalan datar keras hingga 80 km/jam dengan daya jelajah sejauh 510 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.