Korea cari peluang ekspor helikopter KUH-1 Surion ke Indonesia

KUH-1 SurionKAI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korea Aerospace Industries (KAI) mencari peluang untuk mengekspor perdana helikopter KUH-1 Surion ke Indonesia.

Pejabat tinggi KAI bulan lalu mengatakan hal itu.

“Kami sedang meningkatkan upaya untuk menandatangani kesepakatan untuk mengekspor helikopter utilitas transportasi Surion (KUH-1) ke Indonesia,” ujar Wakil Presiden dan Manajer Umum KAI Lee Bong-keun di fasilitas utama KAI di Sacheon, 440 kilometer selatan Seoul.

Dikatakan, pihaknya melihat banyak peluang bisnis di Indonesia karena Indonesia adalah negara pertama yang membeli pesawat KT-1 dan T-50 dari Korea.

Seperti diketahui, KAI telah mengekspor total 16 jet latih lanjut T-50i Golden Eagle dan 20 unit jet latih dasar KT-1B Woongbi ke Indonesia.

KUH-1 Surion merupakan helikopter utilitas transportasi bermesin ganda.

Heli ini dikembangkan oleh KAI, Badan Pengembangan Pertahanan (ADD), Korea Aerospace Research Institute (KARI), dan Eurocopter (Airbus Helicopters).

Proyek Helikopter Korea – Helikopter Utilitas Korea (KHP-KUH) dimulai oleh KAI pada 2005. Proyek ini melahirkan KUH-1 Surion yang terbang perdana pada 10 Maret 2010.

Helikopter ini dibangun dari basis heli AS-332 Super Puma buatan Eurocopter.

Lebih dari 170 heli ini telah diproduksi dan digunakan oleh militer maupun instansi sipil Korea Selatan.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *