Parlemen Yunani setujui pembelian drone MQ-9B senilai 400 juta USD

MQ-9B-SeaGuardianGA-ASI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komite Senjata Parlemen Yunani telah menyetujui pembelian tiga kendaraan udara tak berawak (UAV) MQ-9B SeaGuardian dari Amerika Serikat.

Anggaran untuk pembelian drone buatan General Atomics ini mencapai 400 juta USD, termasuk dua stasiun kontrol darat, suku cadang, dan peralatan terkait, dikutip dari Navy Recognition.

SeaGuardian akan dibeli Yunani untuk meningkatkan pengawasan maritim, pengintaian, dan kemampuan identifikasi target di tengah meningkatnya ketegangan dengan Turki.

Drone ini mampu bertahan di udara selama 40 jam dan menjangkau jarak sejauh 1.850 km (1.149 mil).

SeaGuardian dilengkapi dengan radar pencarian permukaan maritim multimode dengan mode pencitraan Inverse Synthetic Aperture Radar (ISAR), penerima Sistem Identifikasi Otomatis (AIS), dan sensor High-Definition – Full-Motion Video yang dilengkapi dengan kamera optik dan inframerah.

Rangkaian sensor ini memungkinkan deteksi dan identifikasi kapal permukaan secara waktu nyata lebih dari ribuan mil laut persegi dan menyediakan pelacakan otomatis target maritim dan korelasi pemancar AIS dengan trek radar.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *