Perancis perbarui 300 rudal udara ke udara MICA, 14 unit telah diterima

Mirage 2000-5 membawa rudal MICAMBDA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Direktorat Pengadaan Pertahanan Perancis (DGA) pada November 2018 telah menandatangani kontrak dengan MBDA untuk pembaruan piroteknik 300 rudal MICA (Missile d’Interception et de Combat Aérien).

Di saat yang sama, DGA juga memesan MICA generasi mendatang (MICA NG) sebanyak 567 unit.

Terkait hasil pembaruan rudal MICA, pada Juni lalu DGA mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima 14 unit dari 300 yang akan diperbarui.

Rudal tersebut kemudian diterima oleh Service Commun de Munitions ( SIM).

Pembaruan piroteknik rudal MICA merupakan upaya untuk menambah masa pemakaian rudal ini untuk Angkatan Udara dan Antariksa Prancis maupun Angkatan Laut Prancis.

Dengan pembaruan ini rudal masih dapat dipergunakan hingga tahun 2030.

Pesawat-pesawat tempur yang akan dilengkapi rudal ini adalah Rafale untuk semua standar, Mirage 2000-5, dan Mirage 2000D yang dimodernisasi.

Pembaruan piroteknik rudal meliputi propelan yang membatasi masa pakainya. Pengiriman rudal hasil pembaruan akan dilaksanakan mulai tahun ini hingga tahun 2026.

MICA merupakan rudal udara ke udara andalan Prancis. Rudal ini menyediakan kemampuan tempur di luar jangkauan visual, jarak pendek, dan pertahanan diri.

MICA tersedia dalam dua versi tergantung pada perangkat penargetan yang dipasang, yaitu dengan kepala pencari elektromagnetik (EM) untuk intersepsi segala cuaca, atau inframerah (IR) untuk pertempuran pada jarak yang lebih pendek dan pertahanan diri.

Rudal ini mampu bermanuver dan dapat ditembakkan ke target yang berada di belakang pesawat dengan penunjukan target ditransmisikan melalui tautan Link 16 dari pesawat lain.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *