Plasan Wilder 4X4, ranpur lapis baja kompak dari Israel

Plasan WilderUsuario

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada pameran pertahanan internasional Eurosatory 2022 di Paris, Perancis Juni lalu, perusahaan pertahanan Israel Plasan memperkenalkan produk barunya Wilder 4X4.

Ini adalah sebuah kendaraan tempur ringan berbobot 4,5 ton yang memiliki mobilitas tinggi dan menawarkan perlindungan lebih untuk awaknya.

Selain keunggulanya bermanuver di segala medan, baik untuk pertempuran perkotaan maupun gurun, Wilder juga mudah digeser lewat udara menggunakan pesawat angkut atau helikopter.

Wilder yang berdesain kompak ini berukuran panjang 4,39 m dan tinggi 2,09 m dapat dimuati oleh empat awak. Pengemudi duduk di tengah depan, sementara tiga prajurit bersenjata di belakang.

Sebagai penggeraknya, Wilder menggunakan mesin turbo diesel Cummins R2.8 berdaya 161 ps dan mengadopsi transmisi otomatis ZF dengan 8 percepatan.

Laju maksimumnya di jalan datar dan keras mencapai 120 km/jam. Dengan tangki penuh berisi 95 liter solar, Wilder dapat menjangkau jarak sekitar 700 km.

Berdasarkan pengalaman panjang Plasan dalam mengembangkan ranpur dengan perlindungan baik, Wilder memiliki ketahanan terhadap ranjau pada Stanag 4569 level 1 atau level 2 sesuai permintaan pengguna.

Wilder dapat dibekali dengan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin kaliber 12, 7 mm yang ditempatkan di atap kabin bagian belakang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *