Media Ukraina: Swedia siap menyumbangkan 14 Gripen bekas sewa Ceko

Gripen C-D CzechCzech MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Swedia siap menyumbangkan kepada Ukraina 14 jet tempur Gripen C/D yang saat ini disewa oleh Republik Ceko, pada saat masa sewanya berakhir tahun 2027.

Berita ini ditulis oleh media Ukraina, Defense Express, terkait rencana Ceko yang akan mengganti armada Gripen C/D-nya ke F-35A.

“Dalam hal ini, Stockholm (Swedia) dapat menyetujui Praha (Republik Ceko) menyediakan 14 jet tempur JAS 39 Gripen ke Kyiv (Ukraina) secara gratis, terdiri dari 12 unit JAS 39C kursi tunggal dan dua unit JAS 39D dua ganda” tulis portal tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya di portal AR, Republik Ceko berkeinginan untuk memperbarui armada pesawat tempurnya dengan 24 unit jet siluman F-35A buatan Lockheed Martin.

Swedia sendiri menawarkan kepada Ceko jet tempur terbaru Gripen E/F buatan Saab atau meneruskan sewa Gripen C/D.

Hingga saat ini belum ada keputusan dari Praha, mengingat untuk mengoperasikan F-35A pun diperlukan biaya perawatan dan biaya operasi yang besar.

Namun, bila Ceko jadi mengakuisisi F-35A, maka bagi Angkatan Udara Ceko memiliki interoperabilitas dengan pesawat-pesawat tempur terbaru negara Eropa yang kebanyakan sudah beralih ke F-35A.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *