Husky 4X4 bantuan Inggris telah beroperasi di Ukraina

Husky 4X4Husky 4X4

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kendaraan taktis ringan Husky 4X4 bantuan Inggris telah beroperasi di Ukraina. Potongan video Husky sedang digunakan prajurit Ukraina beredar luas di dunia maya.

Seperti diketahui, pada minggu pertama April 2022, Pemerintah Inggris menyatakan memberikan bantuan peralatan militer ke Ukraina berupa 120 kendaraan lapis baja, 80 di antaranya versi beroda ban Husky, Mastiff, dan Wolfhound.

Husky merupakan varian khusus berbasis MXT-MVA produksi Navistar Defence Amerika Serika, untuk memenuhi persyaratan Kementerian Pertahanan Inggris untuk program Tactical Support Vehicle (TSV) Angkatan Darat Inggris pada 2009.

Sebanyak 262 kendaraan awalnya dipesan, namun pada 2010, pesanan lanjutan dilakukan untuk 89 kendaraan tambahan, senilai 56 juta dolar AS.

Husky dengan tingkat perlindungan balistik yang lebih baik ini, didapuk menggantikan kendaraan serba guna Land Rover Defender yang beroperasi di palagan Afghanistan

Husky dirancang untuk dapat menjalankan berbagai misi, termasuk mengangkut pasukan (5-9 orang), membawa perbekalan makanan dan air minum, amunisi juga sebagai kendaraan komando.

Sebagai penggerak tersedia dua pilihan mesin diesel, pertama V8 Navistar VT 365 berdaya 325 hp dan kedua MaxxForce D6.0L V8 berdaya 340 hp.

Husky dapat dilengkapi stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) atau dioperasikan manual dengan pilihan senjata seperti senapan mesin 12,7 mm atau pelontar granat otomatis (AGL).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.