Iran pamerkan rudal balistik baru Kheiber-Shekan dan Emad-3

Kheiber-Shekan missileMehr

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selama pawai Hari Quds pada Jumat, 29 April 2022, Militer Iran memamerkan rudal balistik barunya Kheiber-Shekan dan Emad-3, seperti diwartakan kantor berita Mehr.

Diketahui, Iran telah mengembangkan sejumlah varian baru dari rudal Shahab-3 asli, dikenal sebagai Shahab-3A, Shahab-3B, Shahab-3D, Shahab-3M, Qadr-1, Ghadr-1, dan Emad.

Shahab-3 juga telah digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program luar angkasa Iran, dan roket ini disebut Kavoshgar-1, IRIS, dan Safir.

IRGC mengatakan Kheibar-Shekan memiliki jangkauan 1.450 km, memiliki peningkatan signifikan dari pada misil Dezful yang berjangkauan 1.000 km.

Rudal balistik baru ini bobotnya telah berkurang sepertiga dibandingkan dengan model serupa dan waktu persiapan serta peluncuranya telah dikurangi menjadi seperenam karena desainnya yang optimal.

Sementara, rudal jarak jauh Emad-3 adalah generasi baru rudal balistik permukaan ke permukaan Iran lainnya. Diuji pertama kali pada 11 Oktober 2015 silam.

Militer Iran tak merinci spesifikasi dan kinerjanya, namun diperkirakan Emad-3 memiliki jangkauan hingga 1.700 km lebih.

Iran memang dikenal giat mengembangkan teknologi peroketan, baik sebagai misil maupun wahana keluar angkasa, yang dikembangkan secara mandiri di dalam negeri.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *