Inggris janjikan bantuan rudal Harpoon dan ranpur Mastiff kepada Ukraina

Mastiff and HarpoonReuters, Wikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam kunjungannya ke Ukraina pada Sabtu (9/4), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berjanji akan memberikan kendaraan tempur (ranpur) dan rudal kepada Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Selama kunjungannya ke ibu kota Kyiv, Johnson melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Pada kesempatan tersebut, Johnson menyatakan akan memberikan bantuan militer tambahan berupa 120 kendaraan lapis baja dan sistem rudal antikapal untuk mendukung Ukraina, seperti diwartakan AFP (10/4).

Kendaraan perang yang akan dikirimkan ke Ukraina adalah jenis MRAP Mastiff 6X6. Sedangkan untuk rudal antikapal kemungkinan besar adalah mengambil stok Harpoon milik AL Inggris.

Selain itu Inggris menjanjikan tambahan ratusan rudal anti pesawat Starstreak dan senjata antitank NLAW termasuk juga sejumlah drone untuk melakukan serangan presisi terhadap pasukan Rusia.

Di luar persenjataan, Johnson juga menjanjikan tambahan dana sebesar 500 juta dolar AS kepada Ukraina melalui Bank Dunia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *