US Navy resmi operasikan kapal selam USS Delaware (SSN 791)

USS Delaware (SSN 791)New York Post
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut AS (US Navy) resmi mengoperasikan kapal selam serang kelas Virginia, USS Delaware (SSN 791).

USS Delaware merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelas Virginia ke-18 yang dibangun. Ini adalah kapal selam kelas Virginia Blok III kedelapan dan terakhir.

Boeing_contoh2

Peresmian operasional kapal dilaksanakan melalui sebuah upacara di Wilmington, Delaware pada 4 April 2022.

Upacara dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden yang merupakan sponsor kapal selam ini.

Presiden Biden mengatakan, USS Delaware merupakan bagian dari tradisi panjang melayani bangsa Amerika dengan bangga untuk memperkuat keamanan negara.

“Bukan hanya kami, tetapi sekutu dan mitra kami di seluruh dunia,” ujar Presiden Biden.

Kapal selam kelas Virginia Blok III mengganti 12 tabung peluncuran vertikal Rudal Serangan Darat Tomahawk (TLAM) dengan dua tabung peluncuran berdiameter 87 inci yang lebih besar.

Selain membawa muatan yang lebih besar, kapal selam ini Blok III juga memiliki sejumlah kemajuan dibandingkan pendahulunya.

USS Delaware beroperasi di bawah Skadron Kapal Selam ke-12 dengan komandannya Kapten Matthew Boland.

Nama Delaware sendiri telah digunakan di enam kapal US Navy lainnya dan yang ini merupakan yang pertama setelah lebih dari satu abad.

Kapal pertama yang dinamai Delaware (negara bagian di AS) pertama adalah kapal fregat bersenjata 24 meriam yang diluncurkan tahun 1776.

Sementara kapal terakhir yang membawa nama Delaware adalah kapal perang yang ditugaskan tahun 1910 dan beroperasi di Atlantik selama Perang Dunia I.

Pada September 2019 kapal selam USS Delaware (SSN 791) menyelesaikan uji coba laut awal untuk memvalidasi kinerja komponen dan sistemnya.

Sebagai platform multimisi, kapal selam serang cepat memungkinkan lima dari enam kemampuan inti strategi maritim angkatan laut. Yaitu proyeksi kekuatan, kontrol laut, keamanan, pencegahan maritim, dan kehadiran di depan.

Kapal selam ini dirancang untuk melaksanakan peperangan antikapal selam, operasi khusus, peperangan tidak teratur, perang ranjau, intelijen, serta pengawasan dan pengintaian.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *