TNI AL luncurkan dua kapal patroli cepat PC-60

KRI Dorang dan KRI Bawal_TNI AL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Laut (TNI AL) telah meluncurkan dua kapal patroli cepat baru jenis PC-60 pada 21 Maret 2022.

Acara peluncuran dan penamaan kapal dilakukan di galangan PT Caputra Mitra Sejati, Banten dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, para pejabat TNI AL lainnya, serta dari Kementerian Pertahanan RI.

Kedua kapal tersebut mendapatkan nama KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875.

Untuk spesifikasi dan kinerjanya, kapal patroli PC-60 memiliki panjang 60 meter, lebar 8,50 meter, dan bobot sekitar 440 hingga 520 ton.

Kapal memiliki kecepatan maksimum 24 knot dan kecepatan jelajah 17 knot. PC-60 dapat melaut selama 6 hari dengan 46 awak aktif di dalamnya.

Sebagai alat bela diri dan bertempur, PC-60 dipersenjatai dengan kanon Oto Melara 40 mm yang dioperasikan dengan Fire Control System, serta dua senapan mesin berat 12,7 mm yang dioperasikan secara manual.

Dalam sambutannya, Laksamana Yudo Margono menegaskan bahwa kapal ini dapat dipersenjatai dengan rudal selama keadaan darurat (perang).

Setelah commissioning, KRI Dorang akan ditempatkan di Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX di Ambon, sedangkan KRI Bawal akan dikirim ke Satrol Lantamal XIV di Sorong.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *